Model Pengukuran : Refleksif apa Formatif

Desain model pengukuran untuk variabel laten terbagi atas dua yaitu bersifat reflekModel Formatifsif atau formatif. Bagaimana membedakan keduanya? Hair et. al. (2006) dan Jogiyanto (2009) memisahkannya atas Model Refleksif4 syarat yaitu : (1) bagaimana hubungan kausalitasnya; (2) bagaimana sifat kovarian diantara indikator; (3) apakah ada sifat duplikasi yang kuat; (4) apakah ada hubungan indikator pada berbagai variabel.  Cara menentukan sifat hubungan indikator dan variabel laten tersebut kadangkala bisa terlihat dengan mudah pada keempatnya kadang tidak. Berikut penjelasan dari keempat cara tersebut. Pertama, hubungan kausalitasnya. Indikator refleksif disebabkan oleh konstruk sedangkan indikator formatif menyebabkan konstruk. Dapat pula diberi makna lain, apabila indikator tersebut cenderung bersifat penyusun, maka akan bersifat formatif, sedangkan bila indikator adalah hasil dari konstruk akan bersifat refleksif; Kedua, sifat kovarian. Pada hubungan refleksif, kovarian  antar indikator adalah tinggi karena seluruh indikator akan bergerak bersama, artinya perubahan satu indikator akan menyebabkan perubahan terhadap indikator lainnya. Sedangkan pada sifat formatif, diharapkan tidak memiliki kovarian tinggi dan tidak bergerak bersama. Ketiga, sifat duplikasi.  Apabila indikator memiliki kesamaan dasar konseptual (seluruh indikator mengindikasikan hal yang sama), maka akan bersifat refleksif. Akibatnya menghilangkan satu indikator tidak mengubah arti konstruk secara materi. Keempat, hubungan indikator pada berbagai variabel.  Pada sifat refleksif, semua indikator bisa berhubungan dengan variabel lain. Sedangkan pada hubungan formatif diharapkan terjadi pola hubungan yang berbeda dengan variabel lain.

Referensi :

Jogiyanto dan Abdillah, Willy. 2009. Konsep & Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. BPFE Yogyakarta.

Hair, F.H, Anderson, R.E., Tatham, R.L., dan Black, W.C., 2006, Multivariate Data Analysis With Reading, Edisi keenam, Prentice-Hall International, Inc, New Jersey. (download)

About Arif Kamar Bafadal

Dosen statistika dan operation research. Blog dibuat agar dapat berbagi pengetahuan tentang statistika dan operation research melalui pengalaman dan tulisan. Blog ini menyampaikan pesan "belajar lalu mengajar" agar selalu tercipta motivasi yang kuat untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan secara khusus pada bidang statistika dan operation research, agar para mahasiswa tidak terjebak dengan sesuatu yang terbatas.
This entry was posted in Partial Least Square and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s