Nasi Goreng dan Analisis Regresi

NasiGoreng_Gandrung_1Fenomena pada hubungan hasil pengukuran pada beberapa hal akan memiliki sifat kausalitas yang jelas. Sebuah variabel memiliki perubahan nilai yang tergantung pada variabel lainnya dan tidak berlaku kebalikannya. Beberapa contoh berikut ini akan menjelaskan hal tersebut. Jumlah uang yang akan dibelanjakan dalam suatu keluarga sangat tergantung pada berapa besar pendapatan keluarga tersebut dalam satu bulan, akan tetapi tidak berlaku kebalikannya. Kemampuan produksi dalam sebuah usaha kecil ditentukan oleh berapa banyak jumlah karyawan yang dimiliki perusahaan.  Perasaan puas bekerja dalam sebuah organisasi akan mengalami perubahan ketika kebijakan tentang kompensasi diatur menjadi lebih layak dan adil. Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa hasil-hasil pengukuran dari suatu variabel dapat dijelaskan oleh satu atau beberapa variabel lainnya.

Anda tentu dapat merasakan lezatnya nasi goreng yang sedang disantap. Akan tetapi ketika menu nasi goreng itu akan beli di tempat yang berbeda ternyata cita rasa yang diperoleh juga berbeda. Dengan berbagai nama entah itu nasi goreng “Juara Indonesia”, nasi goreng “Gandrung”, nasi goreng “Pak Joko” atau nasi goreng “Ken Arok” sebenarnya menggunakan komponen-komponen yang sama dalam resep masakannya akan tetapi dalam kadar yang berbeda. Komponen utama pada nasi goreng antara lain : bawang merah, bawang putih, cabe merah, saus tomat, minyak wijen, merica, kecap, telur dan daging ayam. Apakah jumlah bawang putih yang berbeda akan menyebabkan rasa menjadi berbeda? Apakah perbedaan komponen lainnya juga akan mengakibatkan perbedaan rasa? Jelas bahwa masing-masing komponen akan memiliki konstribusi dalam menentukan cita rasa nasi goreng yang akan dibuat? Dari berbagai komponen itu, manakah yang paling menentukan rasa? Kontribusi ini dalam pemodelan statistika akan disebut dengan bobot atau koefisien pengaruh.

Persoalan yang ada secara empiris pada hubungan dua variabel ini tidak ada atau sangat kecil kemungkinannya bersifat pasti atau sempurna atau deterministik. Sebagai contoh sederhana, apabila Anda sedang membawa uang sebesar Rp 15.000,- mungkin pada hari itu akan bisa dibelanjakan untuk 1 kilogram telur. Akan tetapi pada waktu yang berbeda ternyata uang tersebut tidak cukup untuk membeli 1 kg telur karena harga telur sudah naik,  atau mungkin Anda akan mendapatkan uang kembalian karena di tempat Anda membeli telur dijual lebih murah. Pengaruh jumlah telur yang dibeli dengan uang yang harus dibayarkan ternyata berbeda dengan ketika Anda membeli premium di SPBU. Ketika pemerintah menetapkan harga premium Rp 4.500,- per liter, maka ketika anda membeli 10 liter premium di mana saja dan kapan saja pasti harus membaScatter Plot Regresi JPEGyar sejumlah Rp 45.000,-. Contoh harga premium inilah yang disebut bersifat pasti atau deterministik, sedangkan harga telur bersifat tidak pasti atau probabilistik. Seperti pada gambar berikut yang menjelaskan tentang hubungan harga dengan kualitas produk helm, bahwa kemampuan membeli yang lebih tinggi akan memudahkan untuk mendapatkan helm dengan kualitas yang lebih baik.

About Arif Kamar Bafadal

Dosen statistika dan operation research. Blog dibuat agar dapat berbagi pengetahuan tentang statistika dan operation research melalui pengalaman dan tulisan. Blog ini menyampaikan pesan "belajar lalu mengajar" agar selalu tercipta motivasi yang kuat untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan secara khusus pada bidang statistika dan operation research, agar para mahasiswa tidak terjebak dengan sesuatu yang terbatas.
This entry was posted in Regresi and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Nasi Goreng dan Analisis Regresi

  1. edelweiss says:

    like this pak arif dosenku tercinta.

  2. Terima kasih mas Udin, sudah mampir membaca posting tentang nasi goreng ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s